cover
Contact Name
Firman Yasa Utama
Contact Email
firmanutama@unesa.ac.id
Phone
+6281330677771
Journal Mail Official
subuhisnur@unesa.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik Gedung E1 Kampus UNESA Ketintang Surabaya Universitas Negeri Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET)
ISSN : -     EISSN : 26232464     DOI : http://dx.doi.org/10.26740/inajet
Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET) is a scientific journal that publishes peer-reviewed research papers in the fields of Engineering and Technology, both theoretical, experimental, and application studies, including: Electrical Engineering, Mechanical Engineering, Informatics, Industrial Engineering, Civil Engineering.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2021): APRIL" : 4 Documents clear
Penerapan Anti-Swing pada Sistem Gantry Crane dengan Pengendali PID-Fuzzy Logic Berbasis Matlab Dwilaksono, Syihan; Endryansyah, Endryansyah; Rusimamto, Puput Wanarti; Asto, I Gusti Putu
Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET) Vol 3, No 2 (2021): APRIL
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/inajet.v3n2.p52-61

Abstract

Pemindahan suatu beban dari satu tempat ke tempat yang dituju merupakan sebuah aktivitas yang sering terjadi pada industri ataupun pelabuhan. Diperlukan sebuah alat berat yang mampu menunjang kegiatan berbahaya dengan resiko kecelakaan yang kecil. Pada permasalahan tersebut digunakan sebuah alat berat yaitu Gantry Cane. Sebuah alat berat yang mampu memindahkan beban dengan dikaitkan pada rantai ataupun ruber. Gantry Crane merupakan permasalahan ketidakstabilan dalam sistem pengaturan, dikarenakan sebuah sistem yang bergerak, nonlinear, dan sangat tidak stabil. Sistem ini memiliki satu masukan yaitu gaya dan dua keluaran yaitu sudut bandul atau beban dan posisi trolley sehingga prosesnya sangat rumit saat dikendalikan. Diperlukan software LabVIEW 2020 untuk menyelesaikan fungsi alih pada sistem. Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir simpangan ayunan yang berlebihan, mempercepat nilai sattling time dan mencari error steady state yang kecil. Pada perancangan pengendali sistem ini menggunakan PID dan Fuzzy yang dirancang pada software MATLAB 2016b. Pengendali PID mendapatkan nilai Kp(x)116.014, Ki(x)101.8137, Kd(x)79.4768 dan pengendali Fuzzy memiliki 3 fungsi dengan 9 rulebase. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan nilai Overshoot Maksimum(x)(Mp(x)) sebesar 4.981%, Time peak(x)(tp(x)) sebesar 0,790/s, Rise time(x)(tr(x)) sebesar 0,025/s, Sattling time(x)(ts(x)) sebesar 3.737/s, dan untuk nilai error-steady-state(x)(Ess(x)) sebesar 0.006% dan nilai Overshoot Maksimum(θ)(Mp(θ)) sebesar 53.077%, Time peak(θ) (tp(θ)) sebesar 0,0487/s, Rise time(θ)(tr(θ)) sebesar 0,044/s, Sattling time(θ)(ts(θ)) sebesar 15,679/s
Desain Sistem Anti-Swing Pada Miniature Gantry Crane Menggunakan Pengendali PID Dan PD Berbasis Matlab Arrifai, Muhamad Yusuf; Endryansyah, Endryansyah; Rusimamto, Puput Wanarti; Zuhrie, Muhamad Syariffuddien
Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET) Vol 3, No 2 (2021): APRIL
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/inajet.v3n2.p62-71

Abstract

Dalam dunia industri, gantry crane merupakan salah satu jenis crane yang paling banyak ditemui. Gantry crane adalah perangkat sederhana yang membantu pekerjaan manusia dalam memindahkan beban melebihi kemampuan manusia, seperti beban berat dan material berbahaya di pabrik instalasi nuklir, galangan kapal dan pembangunan gedung-gedung tinggi. Karena beban bergantung secara bebas dan terjadi percepatan atau perlambatan gerak, maka terjadi suatu ayunan beban selama proses pemindahan, mirip dengan gerakan pendulum. Untuk mempercepat proses pemindahan beban dan mengurangi risiko kecelakaan, maka ayunan beban crane harus dihilangkan. Metode yang digunakan pada sistem ini adalah dengan. menggunakan kendali PID-PD untuk stabilisasi rancang bangun sistem gantry crane. Pada perancangan pengendali diperoleh nilai konstanta PID dan PD, yaitu Kp sebesar 198.6, Ki sebesar 58.9, Kd sebesar 83.2, Kpswing sebesar 119.4, Kdswing sebesar -30. 10-2. Berdasarkan hasil pengujian sistem pada setpoint 3 mendapatkan hasil pengujian Error Steady State sebesar 0.033%, Rise Time sebesar 0.0243 detik dan Settling Time sebesar 1.9195 detik untuk respon posisi (x) dan untuk respon ayunan (θ) hasil pengujian Rise Time sebesar 0.1431 detik dan Settling Time sebesar 1.5655 detik. Sedangkan pada setpoint 5 mendapatkan hasil pengujian Error Steady State sebesar 0.04%, Rise Time sebesar 0.0245 detik dan Settling Time sebesar 1.9194 detik untuk respon posisi (x) dan untuk respon ayunan (θ) hasil pengujian Rise Time sebesar 0.1436 detik dan Settling Time sebesar 1.5666 detik.
Desain Sistem Kontrol Kecepatan Motor DC Dengan Metode Optimization Genetic Algorithm Pada Lift Konvensional Prasetyo, Khrisna Budi; Endryansyah, Endryansyah; Asto, I Gusti Putu; Anifah, Lilik
Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET) Vol 3, No 2 (2021): APRIL
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/inajet.v3n2.p72-81

Abstract

Teknologi semakin maju pada jaman sekarang dan berkembang sangatlah cepat, salah satunya alat transportasi dalam gedung bertingkat yaitu lift. Lift merupakan teknologi modern saat ini yang mempunyai fungsi membawa orang atau barang dari satu tingkat ke tingkat yang lainnya yang bergerak secara vertikal. Penelitian saat ini yang dilakukan bertujuan untuk melihat hasil respon sistem menggunakan PID metode Optimization Genetic Algorithm pada prototipe lift dikarenakan dapat mengurangi overshoot dan mempercepat waktu naik dari plant tersebut. Dalam penelitian sistem lift dengan menggunakan metode algoritma genetika mendapatkan nilai parameter PID dengan Kp = 8,946; Ki = 3,898, Kd = 0,011. Ketika memperoleh parameter PID dan dimulasikan pada simulink, dapat dilihat hasil respon sistem yang stabil dengan overshoot pada sistem ini sebesar 0.327%. Respon sistem yang optimal terdapat di setpoint 29 rpm dengan waktu tunak (Ts) sebesar 1.168s. Error Stedy State sebesar 0,3%, waktu naik (Tr) sebesar 0,601s dan waktu tunda (Td) sebesar 0.2032 s.
Perancangan Sistem Kontrol Otomatis Press Roll Berbasis PLC Mitsubishi Type-Q Pada Building Tire Machine Rezaputra, Muhammad Dafa Dezan; Cahyono, Muhammad Ridwan Arif
Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET) Vol 3, No 2 (2021): APRIL
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/inajet.v3n2.p97-106

Abstract

Dalam suatu sistem otomasi industri diperlukan suatu kontroler, salah satunya adalah Programmable Logic Controller (PLC). PLC dibuat untuk mengubah sistem kerja mesin yang dulunya bekerja secara konvensional menjadi sistem yang dikendalikan dengan menggunakan komputer. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem kendali otomatis menggunakan PLC pada press roll di salah satu building tire machine. Fokus penelitian yang dilakukan pada sistem kontrol press roll ini meliputi pemasangan panel kontrol PLC dan program PLC dengan software GX-Works 2. PLC yang digunakan adalah PLC Mitsubishi tipe-Q dengan modul input QX41 dan QX42 dan modul output QY41P dan QY10. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D), yaitu metode untuk mengembangkan sistem yang sudah ada sebelumnya. Pengujian sistem dilakukan dengan mengukur tegangan kerja pada terminal input dan output PLC serta menguji kinerja sistem kontrol secara keseluruhan. Hasil yang diperoleh pada pengujian terminal input menyatakan bahwa sistem input bekerja dengan normal. Kemudian pada pengujian terminal output didapatkan nilai persentase error (% error) pada terminal output Y68 sebesar 0,08%, dan terminal output Y7F sebesar 0,04% dengan tegangan standar 24 VDC. Sedangkan terminal keluaran Y91 memiliki nilai persentase error tegangan sebesar 1,31% dengan tegangan standar 220 VAC. Dalam pengujian kinerja keseluruhan sistem bekerja normal sesuai dengan program PLC yang telah dibuat.

Page 1 of 1 | Total Record : 4